Minggu, 22 November 2009

input device

Perangkat keras yang memungkinkan memasukan data atau perintah ke dalam komputer
3.1. Peranti Pengetikan
• Keyboard.
• ATM (Automated Teller Machine).
• POS (Point Of Sale).

3.2. Peranti Penunjuk (Pointing Device)
• Mouse, Track Ball, Joystick.
• Pointing Stick.
• Touch Pad.
• Touch Screen (Layar Sentuh).
• Peranti petunjuk berbentuk pena untuk masukan pada PDA
• Light Pen.
• Digitizing Tablet.

3.3. Peranti Pengambil Gambar Terformat
• Barcode Reader, semacam scanner foto elektris yang dapat mengkonversi data barcode menjadi sinyal digital.
• MIRC (Magnetic ink character recognition) membaca karakter khusus MIRC
• OMR (Optical Mark Recognition) untuk mengecek jawaban ujian menggunakan pensil 2b agar terhindar dari kesalahan manusia dan kecepatan memproses.
• OCR (Optical Character recognition) peranti yang dapat membaca teks dan mengkonversinya kedalam kode digital yang nantinya diproses computer.

3.4. Peranti Pengambil Gambar Tak Terformat
• Image Scanner, peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, tulisan tangan. Hasilnya diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan dalam disk.
• Kamere Digital
• Pembaca Retina Mata
• Pembaca Sidik Jari (Fingerprint Reader)

3.5. Video (video camera recorder / camcorder)
3.6. Suara
• Mikropon.
• ASR (Automatic Speech Recognition) dapat mengenali masukan berupa kata – kata dalam kalimat.
• Touchtone, peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telp untuk memasukan informasi / perintah. Contoh, fasilitas informasi saldo rekening pada bank yang memungkinkan nasabah menekan tombol tertentu, memasukkan no rekening kemudian akan mendapat informasi suara yang memberitahukan jumlah saldo rekening.

3.7. Gerakan
Untuk memantau gerakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality, dipergunakan peranti yang bernama glove, headset dan walker.
• Headset : peranti pada kepala, menutup mata yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakai.
• Glove : berbentuk seperti sarung tangan, untuk merekam jenis serta gerakan jari dan tangan pemakai.
• Walker : untuk merekam gerakan kaki termasuk arah kaki.

3.8. Sensor
Peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus yang langsunng dimasukkan dlm computer. Contoh pemanfaatan : pendeteksi gunung berapi, detector kecepatan laju kendaraan dijalan raya, mendeteksi perubahan arah angin yg mendadak pd pesawat.

3.9. RFID ( Radio Frequency Identifation Device)
Peranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli RFID ke peranti pelacak RFID. Contoh penarikan biaya tol secara otomatis, pengidentifikasian dan pelacakan jalur kereta, pemantauan transportasi truk container dan lain - lain.

3.10. Pembaca Kartu Magnetik (MCR Magnetic Card Reader)
Contoh Kartu ATM, pada mesin ATM terdapat pembaca kartu magnetic.

3.11. Pembaca Kartu Cerdas (Smart Card Reader)
Contoh kartu telepon pra bayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar